Jumat, 16 Juni 2017

Cara Sukses Ternak Ayam Telur Negeri Andalan

Ternak ayam telur merupakan salah satu bisnis yang memberikan keuntungan besar jika sudah berhasil dikelola. Bisnis ternak ayam dapat disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Mengelola peternakan telur ayam memiliki prospek yang bagus dibandingkan dengan agen besa. Hal ini dikarenakan kebutuhan telur ayam negeri oleh masyarakat selalu stabil bahkan cenderung meningkat. Karena memiliki prospek yang jelas dan bagus, maka saat ini banyak pihak yang tertarik untuk mengelola peternakan ayam.

Petunjuk Cara Sukses Ternak Ayam Telur
Ketika hendak memulai bisnis telur ayam, ada beberapa hal yang harus diketahui supaya ternak ayam petelur yang memproduksi telur ayam negeri berjalan dengan lancar.  Hal pertama dan yang paling mendasar ialah mengenai modal ternak ayam telur yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis peternakan. Bisnis memiliki peternakan ayam petelur jauh lebih menguntungkan dibandingkan peternakan ayam pedaging. Mengapa?

Jawabannya ialah ayam petelur dapat dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya. Tidak hanya menghasilkan telur yang memberikan pundi-pundi rupiah, setelah beberapa waktu diternak dan sudah tidak produktif menghasilkan telur lagi, ayam petelur dapat dijual dagingnya dengan nilai jual yang tak kalah tinggi. Banyak konsumen ayam petelur yang menantikan penjualan ayam petelur karena dagingnya memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan ayam kampung. Tak hanya dagingnya, bahkan kotorannya pun memberikan manfaat karena dapat diajdikan sebagai pupuk biogas bagi berbagai tumbuhan serta dapat diolah menjadi makanan ikan lele. Tak berhenti sampai disini, bulu ayam petelur juga daoat diolah atau dibuat menjadi berbagai alat kebersihan yang memiliki nilai jual bagus di pasaran.
Berikut ini merupakan rincian dan ulasan mengenai cara ternak ayam telur rumahan ataupun profesional:
-          Menentukan lokasi peternakan yang tepat
Langkah pertama ialah menentukan lokasi peternakan yang tepat karena peternakan ayam petelur tidak bisa dilakukan dimana saja. Hal ini dikarenakan polusi udara yang dapat dihasilkan. Untuk itu, pilih lokas peternakan yang jaun dari pemukiman warga serta jauh dari kebisingan lalu lintas yang dapat menyebabkan ayam-ayam stress sehingga menjadi tidak produktif.

-          Bekerjasama dengan suplier bibit ayam petelur
Kemudian temukan pemasok atau suplier bibit ayam petelur yang terpercaya dan bersedia memasokkan ayam-ayam petelur dalam jangka waktu tertentu. Berusahalah untuk mencari pemasok yang menyediakan bibit unggul namun harga yang bersaing dari suplier lainnya.
-          Bekerjasama dengan pemasok pakan
Selain bibit ayam petelur, peternak juga membutuhkan suplier pakan ayam secara berkelanjutan. Jadi peternak tidak perlu susah-susah dalam mencari pakan ayam jika sudah bekerjasama dengan pemasok pakan secara rutin.
-          Memiliki target market
Langkah ini sangatlah penting dalam beternak ayam petelur yakini memiliki sasaran pasar yang jelas. Tentukan tergate pemasaran dahulu secara pasti seperti supermarket, pasar tradisional, produsen makanan dan masih banyak lagi.
-          Mempekerjakan karyawan
Supaya kegiatan pemasaran dan pelayanan terhadap konsumen berjalan dengan lancar, merekrut karyawan yang mengetahui cara merawat ternak ayam telur serta pemasaran yang bagus adalah langkah paling tepat.
-          Selalu kembangkan bisnis dan tidak mudah putus asa
Setiap bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri termasuk bisnis ternak ayam petelur. Apabila terjadi masalah, jangan lekas putus asa dan selalu semangat untuk menyelesaikan masalah.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara ternak ayam telur yang harus dikerjakan dengan sabar dan teliti supaya memperoleh hasil yang optimal dan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

SUPPLIERTELUR AYAM

Kami adalah Supplier Telur Ayam dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik.Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]






Popular Posts

Formulir Kontak