Jumat, 19 Mei 2017

Kenali Ciri-Ciri Telur yang Tidak Baik Agar Tidak Salah Pilih

Ciri-ciri telur yang tidak baik memang harus dikenali oleh masyarakat secara luas. Hal ini dikarenakan telur merupakan jenis lauk sumber protein yang paling banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat. Tak hanya mudah diperoleh, telur ayam dalam negeri juga tidak terlalu mahal dan asupan nilai gizi serta nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Jika tidak diperhatikan dengan seksama, telur yang sudah tidak baik atau telur busuk memiliki tampilan fisik yang sama dengan telur segar atau telur yang masih baik. Karena hal inilah masyarakat sering tidak memperhatikan apakah telur yang dibeli dan dikonsumsinya adalah telur yang sudah mulai membusuk atau sudah baik. Sudah dapat dipastikan bahwa mengkonsumsi telur busuk tidaklah baik untuk kesehatan. Untuk itu, seluruh masyarakat perlu pengetahuan khusus tentang pengenalan telur yang sudah busuk.
Apa saja Ciri-ciri Telur yang Tidak Baik?
Sebelum membeli atau mengkonsumsi telur ayam dalam negeri untuk dijadikan salah satu hidangan di rumah, kenali terlebih dahulu ciri-ciri telur busuk berikut ini.
-        Posisi kuning telur tidak tepat
Kemudian ciri yang tidak kalah mudah untuk mengetahui apakah telur sudah busuk atau masih baik ialah dengan melihat posisi kuning telurnya. Pecahkan telur tersebut dan tempatkan pada suatu wadah untuk mengetahui posisi kuning telurnya. Telur yang masih segar atau dalam kondisi baik menunjukkan posisi kuning telur tepat di tengah-tengah. Jika kuning telur sudah berada di pinggir, dapat dipastikan kondisi telur tersebut sudah rusak.
-       Timbul suara ketika dikocok
Sebagai ciri pertama yang mengindikasi bahwa telur ayam sudah berada dalam kondisi tidak baik atau sudah mulai membusuk ialah telur mengeluarkan bunyi atau terasa sudah bergerak. Tentu saja bunyi atau gerakan tersebut tidak muncul dengan sendirinya. Bunyi dan sekilas gerakan tersebut dapat dirasakan ketika mengocok telur tersebut secara perlahan. Jadi, sebelum membeli atau mengkonsumsi telur, cobalah untuk menggoyangkan atau mengocok lembut butir telur dan pastikan tidak ada suara maupun gerakan yang dihasilkan.
-       Aroma tidak sedap
Ciri-ciri telur yang rusak yang selanjutnya ini sangat mudah dikenali karena telur yang sudah membusuk akan menimbulkan bau tidak sedap yang sangat menyengat. Jika telur sudah menghasilkan bau menyengat maka telur tersebut sudah sangat tidak layak untuk dikonsumsi. Telah terdapat sederet kandungan zat berbahaya yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh.
-       Posisi telur mengapung saat direndam dalam air
Ciri-ciri telur yang tidak baik untuk dikonsumsi yang selanjutnya dapat dilihat dengan memasukkan telur ke dalam gelas atau wadah lain yang sudah terisi air. Telur yang masih segar atau masih baik akan menunjukkan posisi paling dasar atau tenggelam. Sedangkan jika telur mengapung, itu mengindikasikan bahwa teur tersebut sudah busuk dan tidak layak konsumsi. Posisi telur yang berada di tengah-tengah seperti melayang memiliki arti bahwa telur tersebut sudah lama namun belum rusak atau busuk.
-       Terdapat bercak noda saat dilihat dengan api dari lilin
Ciri yang terakhir ialah adanya noda atau bercak pada bagian dalam telur. Hal ini daat dilihat dengan menggunakan cahaya lilin atau lampu baca yang cenderung berwarna kuning. Dekatkan telur pada cahaya tersebut kemudian putar untuk mengetahui kondisi dalam telur secara detail dari luar cangkang. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengetahui dengan jelas apakah di dalam telur masih bersih atau sudah ada bercak. Jika sudah ada bercak, maka dapat dipastikan telur tersebut sudah rusak dan tidak layak konsumsi.

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri telur yang tidak baik di atas, diharapkan masyarakat menjadi lebih selektif dan hati-hati lagi dalam memilih dan mengkonsumsi telur khususnya telur ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

SUPPLIERTELUR AYAM

Kami adalah Supplier Telur Ayam dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik.Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]






Popular Posts

Formulir Kontak